Senin, 07 Desember 2009

SMP NEGERI 1 SILIRAGUNG MENUJU SEKOLAH BERTARAP INTERNASIONAL


Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Siliragung  yang  dulunya bernama SMP  Negeri 1 Pesanggaran ini berdiri tahun 1979. Awal berdirinya sekolah ini menempati SDN 1 Siliragung, karena belum mempunyai gedung sendiri. Setelah dua tahun baru menempati gedung sendiri yang terletak di jalan Bhayangkara no.36 dusun krajan Siliragung.
     SMP N 1 Pesanggaran yang kemudian berubah menjadi SMP N 1 Siliragung tahun 2004 ini dipimpin pertama kali oleh Bapak Ketut Sedana,BA , kemudian berturut-turut penggantinya adalah Bapak Sudadi Sumadyo, Bapak Asmu’I Hardiatmojo SH, Bapak Untung  Husamadiman , Bapak Sumani, Bapak Sunaryo,BA, Bapak Drs. H.Triyono, Bapak Drs. Suratman, dan mulai bulan juli 2008 dipimpin oleh Bapak Drs. Sujiyanto,MM sampai saat ini.
     Sekolah yang mempunyai luas 18.666 M2 memiliki tiga tempat ibadah yaitu Mushola, gereja, dan pura, dua ruang Laboratorium Computer satu ruang Laboratorium bahasa , satu ruang Laboratorium IPA, satu ruang UKS, dan dua ruang Multi media. Selain itu memiliki  24 rombongan belajar dengan jumlah 804 siswa  yang terbagi menjadi 8 kelas 7, 8 kelas 8, 8 kelas 9. SMP N 1 Siliragung mempunyai tenaga pendidik 41 orang guru sedang yang PNS sejumlah 36 orang guru, selebihnya gurun bantu dan honorer. Sedangkan karyawan SMP N 1 Siliragung berjumlah 16 0rang  yang sudah PNS 3 orang selebihnya adalah PTT.  

     Pada tahun pelajaran 2003/2004 SMP N 1 Siliragung ditetapkan menjadi sekolah yang berstandar nasional. Banyak yang dilakukan oleh SMP N 1 Siliragung setelah menjadi sekolah SSN pernah menjadi juara 3 SSO se-wilayah Jatim, Jateng, dan DI Jogjakarta yang diadakan oleh SMA unggulan Darul Ulum Jombang. Selalu juara satu setiap tahun lomba telling story tingkat kabupaten Banyuwangi. Selain lomba bidang akademik SMP N 1 Siliragung juga sering mendapat juara di bidang non akademik  baik tingkat kecamatan maupun kabupaten yaitu antara lain; pramuka, PMR, Karate, bola voly, sepak bola, musik, dan tari bahkan mengirim siswa untuk menari di istna Negara.
     Sekolah yang menyandang juara satu lomba Banyuwangi Ijo Royo-Royo ini mulai tahun 2007/ 2008 SMPN 1 Siliragung menjadi sekolah yang berpredikat SSN mandiri. Sekolah ini berjuang keras untuk tetap mempertahankan sekolah yang berstandar nasional mandiri karena sekolah harus membiayai sendiri seluruh kegiatan sekolah selain dari dana Beaya Operional Sekolah. Untuk mengikuti perkembangan pendidikan yang begitu cepat dan luar biasa ini SMP N 1 Siliragung mulai tahun 2008/2009 membuka dua kelas bilingual yaitu kelas 7A dan kelas 7B. Sedang pada tahun pelajaran 2009/2010 membuka dua kelas lagi yaitu kelas 7A dan kelas 7B, sehingga sekarang ada empat kelas bilingual.

     Dalam menjawab perkembangan jaman, sekolah yang mempunyai Visi "Membudayakan Disiplin dan Pelayanan Prima Menuju Sekolah yang Berkualitas" mempersiapkan seluruh warga sekolah  agar bisa memenuhi tuntutan perkembangan pendidikan dengan memberikan pelatihan bahasa inggris  dan penggunaan pembelajaran yang menggunakan IT. Dengan pelatihan ini sekolah berharap guru sudah menggunakan IT semua dalam memberikan pembelajaran di kelas.
     Usaha yang begitu sungguh-sungguh dari seluruh warga SMP N 1 Siliragung agar sekolah dapat menjawab tuntutan perkembangan jaman khususnya mempersiapkan lulusan yang mampu bersaing dengan sekolah lain yang ada di kota.  Dan harapan seluruh warga sekolah yang paling penting adalah SMP N 1 Siliragung menjadi Sekolah Bertarap Internasional (SBI ).

1 komentar:

  1. pak giyono kangen....
    gimana kabarnya pak.....
    masi ngajar di smp n 1 siliragung pak????

    BalasHapus