Jumat, 23 Oktober 2009

LATIHAN KEPEMIMPINAN PENGURUS HARIAN PMR SPENSASILA

Palang Merah Remaja ( PMR) SPENSASILA atau PMR SMP Negeri 1 Siliragung ada sejak tahun 1992. Pada waktu itu Pembina PMR SPENSASILA adalah Bapak Drs. Marjiyanto dan Bapak Tukidjo, dibantu oleh beberapa guru yang lain. Tetapi setelah kegiatan Jumbara di Lapangan SMP Negeri 1 Kabat, kegiatan palang merah remaja tidak aktif karena tidak mempunyai pelatih PMR yang berpengalaman.
Pada bulan Juli 1998, pada waktu rapat dewan guru yang membahas persiapan kegiatan awal tahun pelajaran dan pembagian tugas guru dan tugas-tugas kepala sekoalah di SMP N 1 Siliragung ditunjuk bapak Drs. Sugiyono untuk membina PMR di SMP Negeri 1 Siliragung mulai tahun pelajaran 1998- 1999. Beliau sebelum mengajar di SMP Negeri 1 Siliragung pernah mengajar dan pembina PMR di SMP Negeri 2 Rogojampi dan SMA PGRI Rogojampi. Sehingga tugas ini di sanggupi oleh beliau,walaupun sebenarnya pada waktu itu ditunjuk menjadi pembina pramuka. Tetapi bapak Sugiyono lebih memilih PMR. karena kegiatan ekstra ini lebih disenangi oleh beliau.

Siswa di SMP Negeri 1 Siliragung awalnya asing masalah ekstra kulikuler PMR, sehingga dari 1015 siswa pada waktu itu hanya 15 siswa yang berminat masuk ekskul PMR. Mereka hanya mengenal ekstra pramuka, tata boga, tata busana, bela diri, seni tari musik. Sehingga banyak siswa yang tidak memahami PMR.
Dengan penuh kesabaran dan kegigihan bapak Sugiyono mengenalkan PMR kepada siswa. Beliau mengenalkan PMR lewat kegiatan Upacara setiap hari Senin. Anggota PMR diberi tugas membantu siswa lain yang mempunyai keluhan kesehatan pada waktu mengikuti upacara. Selain itu, setiap ada kegiatan di sekolah PMR berusaha selalu berpartisipasi. Di luar sekolah PMR Spensasila selalu tampil membantu masyarakat yang membutuhkan misalnya ; upacara
HUT kemerdekaan RI yang berlangsung di lapangan Tegal Agung, upacara hari Pramuka, dan upacara-upacara yang lain.

Tujuh tahun berlalu tepatnya tahun 2005 surat undangan mengikuti lomba PP PMI cabang Banyuwangi dikirimkan ke sekolah-sekolah. Ternyata undangan itu menarik minat tiga sekolah lain di wilayah kecamatan Siliragung. Tiga sekolah itu antara lain : SMP K Yos Sudarso, SMA PGRI Siliragung, MAN Pesanggaran di Siliragung. Bersama Pembina PMR SPENSASILA, ketiga Pembina itu berkumpul di pendopo kecamatan Siliragung membahas rencana lomba di GOR Tawang Alun Banyuwangi yang diadakan PMI Cabang Banyuwangi, dipandu oleh bapak Denisworo Sekcam Siliragung.
Keinginan Pembina ketiga sekolah tersebut mengikuti lomba yang diadakan PMI Cabang Banyuwangi sangat besar. Namun beliau mempunyai permasalahan yang sama. Permasalahan yang ada adalah tidak tahu tentang PMR dan tidak ada Pembina PMRnya diketiga sekolah tersebut. Melihat kenyataan itu Bapak Drs. Sugiyono bersedia membantu membagi ilmu ke-PMR-an dan melatih angota PMR di tiga sekolah tersebut. Akhirnya disepakati jadwal dan materi yang akan diberikan pada latihan.
Walaupun tidak mendapatkan trofi apapun, namun hati masing-masing pembina sedikit puas sebab di sekolah para Pembina sekarang sudah ada kegiatan ekstra PMR. Hal ini terlihat dari keinginan masing-masing Pembina untuk tetap diadakan latihan bersama. Para Pembina selalu mendampingi setiap latihan bersama dan selalu memberi semangat kepada Anggota PMR di sekolah masing-masing. Hal inilah yang membuat para anggota PMR untuk membentuk organisasi PMR sekecamatan Siliragung yang membantu menangani dan memajukan PMR di kecamatan Siliragung. Sehingga pada tahun 2005 lahirlah organisasi yang bernama forum konmunikasi palang merah remaja yang disingkat FK- PMR yang diketuai oleh M. Khowim siswa MAN Pesanggaran di Siliragung.
Di tangan Kowim inilah FK-PMR mulai dikenal oleh siswa-siswa di kecamatan Siliragung. Dia dengan penuh keikhlasan dan kegigihan memajukan PMR di Siliragung. Selaku ketua ia tidak sendiri, dalam memajukan PMR di kecamatan ini ia dibantu oleh rekan-rekan pengurus yang lain antara lain : Sihab, Yanti, Evi, Eko, mereka adalah siswa MAN Pesanggaran. Kegiatan yang dilakukan oleh FK PMR mulai dari latihan di sekolah masing-masing, bakti social, latihan gabungan, sampai diklat dan jumbara.
Sampai tahun 2009 anggota PMR yang masuk anggota FK PMR Banyuwangi selatan sudah 13 sekolah. Anggota yang berasal dari WIRA yaitu : MAN Pesanggaran, SMA PGRI Siliragung, SMA N 1 Pesanggaran, SMA N 1 Bangorejo. Sedangkan anggota PMR Madya adalah: SMP N 1 Siliragung, SMP K Yos Sudarso, SMP N 1 Bangorejo, SMP Kosgoro Pesanggaran, SMP N 2 Siliragung ( tidak aktif ), MTs N Pesanggaran, SMP Muhammadiyah 5 Siliragung, SMP N 2 Pesanggaran, SMP N 1 Pesanggaran. SMP N 1 Pesanggaran baru melantik pengurus harian hari Minggu tanggal 15 Maret 2009.

Latihan kepemimpinan pengurus harian pmr SPENSASILA ( SMP N egeri 1 Siliragung ) diadakan setiap tahun sekali. Kegiatan ini dilaksanakan di sekolah hari Sabtu - Minggu pukul 14.00 - 07.00.
Kegiatan yang dilaksanakan diikuti oleh pengurus baru dan pengurus lama, serta pengurus yang sudah alumni. Pengurus PMR dibekali keterampilan berorganisasi, kejujuran, kecekatan, jiwa yang selalu tanggap terhadap bencana dan penderitaan orang lain, dan pembuatan proposal kegiatan. Selain itu mereka juga dibekali mental agar dapat beradaptasi dengan pengurus FK PMR Banyuwangi selatan yang sudah terbentuk pada tahun 2005. Pengurus harian PMR SPENSASILA juga diharapkan siap apabila ditunjuk menjadi pengurus FK PMR (Forum Komunikasi PMR ).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar